15.2.09

Mossad


MOSSAD
TIPU DAYA YANG DIBEBERKAN OLEH MANTAN AGEN DINAS RAHASIA ISRAEL
Claire Hoy dan Victor Ostrovsky
Binarupa Aksara, Tangerang
Cetakan I, 2007 – 616 halaman
Pustaka SemburatJingga 09010949800

Claire Hoy (50) adalah salah seorang penulis terkenal Kanada, seorang jurnalis, kolumnis politik, dan penulis empat buku yang salah satunya menjadi buku terlaris pada tahun 1987, Friends in High Places yang berkisah tentang penyikapan perlindungan politik di dalam pemerintahan Perdana Menteri Brian Mulroney.

Victor Ostrovsky (40) lahir di Kanada dari ibu berkebangsaan Israel dan ayah keturunan Yahudi-Kanada, tetapi menghabiskan tahun-tahun pertumbuhannya di Holon, Israel. Pada usia 18 tahun, ia menjadi perwira termuda di Angkatan Bersenjata Israel. Sebagai ahli pengujian senjata, ia direkrut oleh Mossad dan menyelesaikan program pelatihan mereka yang ketat, dan menjadi seorang katsa atau case officer. Oleh karena dikecewakan oleh tujuan dan operasi organisasi tersebut, ia pun kembali ke Kanada.

Pertama kali Mossad memanggil, mereka menginginkan Victor Ostrovsky untuk unit pembunuh mereka, kidon. Ia menolak. Kesempatan berikutnya, ia setuju untuk mengikuti program pelatihan tiga tahun yang ketat untuk menjadi katsa, unit organisasi mata-mata Israel yang legendaris.

Buku ini mencatat rentetan pengalaman pribadinya dan riwayat rinci dari jajaran operasional Mossad yang luas dan menggetarkan di seluruh dunia.

Dikisahkan bagaimana Mossad melacak Yasser Arafat dengan merekrut sopir sekaligus pengawal pribadinya; bagaimana Mossad menolak memberikan informasi krisis tentang bunuh diri yang direncanakan di Beirut, yang menyebabkan kematian 241 marinir pemelihara perdamaian Amerika Serikat dan 58 pasukan para Perancis, bagaimana Mossad mengoperasikan sebuah departemen rahasia di Amerika Serikat; bagaimana Mossad memudahkan industri penyelundupan obat bius untuk membayar biaya yang besar untuk operasi gelapnya yang luas sekali.

Buku ini juga membawa kita ke dalam perjalanan yang mengesankan dari Beirut, di mana Mossad menyangkal mengetahui tentang keberadaan beberapa sandera Amerika, yang menyebabkan terjadinya skandal Iran-Kontra. Juga menyingkapkan untuk pertamakalinya bagaimana komunitas Yahudi di Eropa, Amerika Serikat, dan Amerika Selatan dipersenjatai dan dilatih oleh Mossad di dalam unit ‘bela diri’ rahasia; memberi kisah tentang serangan yang berani atas instalasi nuklir Irak; dan dan memperlihatkan bagaimana kecemburuan internal menyebabkan lolosnya teroris keji, Carlos. ANDRETHERIQA 150209

Tidak ada komentar: